ShoutMix chat widget

Guestbook rolling widget


PNPM MANDIRI PERKOTAAN KABUPATEN KENDAL

KOTAK PENCARIAN :

Friday 5 November 2010

DANA PERGULIRAN LINGKUNGAN, DARI MASYARAKAT KEMBALI KE MASYARAKAT



Kelurahan Trompo, meskipun terhitung sebagai wilayah perkotaan akan tetapi sarana dan prasarana infra sebagai pendukung layaknya sebuah pemukiman masih banyak yang belum terpenuhi, salah satunya adalah prasaran penerangan. Beberapa jalan sebagai akses penghubung antar RT satu dengan RT yang lain masih belum di lengkapai dengan fasilitas penerangan jalan. Jalan penghubung antara RT 04, RT 05 dengan RT 09 – RT 13, kurang lebih panjangnya sekitar 1 KM yang melintasi persawahan adalah salah satunya. Jalan tersebut bisa di bilang adalah prasarana transportasi utama bagi warga RT 09 – RT 13 karena jalan tersebut merupakan jalan utama yang di lewati warga sehari-hari baik untuk aktifitas ekonomi maupun yang lainnya. Ketika malam hari jalan tersebut terlihat sangat lengang dan gelap sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman dan tidak aman ketika melintasinya.Disamping itu ada sekelompok pemukiman warga di RT 09 yang terpaksa tidak bisa memasang jaringan listrik dan harus menyalur dikarenakan tidak tersedianya jaringan tiang listrik di dekat pemukiman tersebut.
Tapi kini keadaan tersebut berbeda, sekitar ada 7 Kepala Keluarga sekarang sudah mampu memasang jaringan listrik sendiri, ada 12 tiang listrik kini berdiri di sepanjang jalan tersebut, beberapa lampu penerangan sudah terpasang dan warga lebih merasa aman dan nyaman ketika melintasi jalan tersebut. Hal itu terlaksana setelah muncul gagasan dari salah seorang warga dan menyampaikan gagasan tersebut kepada BKM MANDIRI TROMPO. Dari situlah progam pengadaan tiang listrik ini berawal. BKM MANDIRI TROMPO bersinergi dengan pihak kelurahan untuk mendanai progam tersebut. Dari perhitungan rencana anggaran biaya terhitung dana sebesar Rp 30.600.000,-. Karena keterbatasan dana, proposal juga di chanelingkan dengan PLN. Berdasarkan koordinasi antara BKM MANDIRI TROMPO dengan warga Trompo disepakati bahwa untuk kegiatan tersebut diambilkan dari dana perguliran lingkungan sebesar Rp 18.500.000,00 , dari pihak kelurahan menganggarkan dana sebesar Rp 4.000.000,00, dan untuk PLN menyediakan trafo dan perlengkapan untuk pemasangan tiang listrik secara gratis. Pengerjaannya dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2010.


Dalam pengerjaannya di lakukan secara gotong royong yaitu antara tenaga dari PLN dan dibantu dengan warga.
Adanya sistem bergulir dari dana BLM PNPM-MP untuk bidang lingkungan kini dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh warga sendiri. Yang pada awalnya terasa sangat berat bagi BKM MANDIRI TROMPO untuk menjalankan sistem perguliran KSM lingkungan, kini mampu meyakinkan warga secara nyata bahwa pada akhirnya dana tersebut akan kembali kepada mereka untuk membangun pemukimannya menjadi kelurahan yang maju dan mandiri. Sistem perguliran BLM lingkungan disepakati oleh warga Trompo sejak pertama kali PNPM-MP masuk ke kelurahan Trompo yaitu mulai BLM 2008, dan terus berjalan hingga sekarang. Dengan adanya sistem perguliran lingkungan di harapkan nantinya masyarakat akan bisa terus membangun daerahnya secara berkelanjutan dan bertahap serta satu persatu permasalahan yang ada di kelurahan Trompo dapat teratasi. BKM bersama masyarakat, bersinergi dengan pihak Kelurahan, dan selalu berusaha untuk berchanneling dengan pihak luar semoga sedikit demi sedikit bisa mengatasi masalah kemiskinan yang ada di kelurahan Trompo.

BY: Team 60

Ikon ini merupakan link ke situs bookmark sosial dimana pembaca dapat berbagi dan menemukan halaman web baru.
  • Digg
  • Sphinn
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • Artikel terkait dengan kategori ini:



    0 Comments:

    Post a Comment

     

    LOWONGAN PEKERJAAN :

    Pekerjaan oleh Careerjet

    TEAM PROGO RAFTING PNPM KENDAL

    © 2007 PNPM MANDIRI PERKOTAAN-KENDAL: DANA PERGULIRAN LINGKUNGAN, DARI MASYARAKAT KEMBALI KE MASYARAKAT | Design by Rohman abdul manap | Template by : Template Unik