ShoutMix chat widget

Guestbook rolling widget


PNPM MANDIRI PERKOTAAN KABUPATEN KENDAL

KOTAK PENCARIAN :

Wednesday 3 November 2010

PELATIHAN SOSIAL YANG BERKELANJUTAN



Kegiatan TRIDAYA dari PNPM-MP,diantaranya adalah kegiatan Sosial yang tidak lepas dengan Warga Miskin, Pemerintah Kelurahan, BKM, UPS dan Relawan Sektoral. Kegiatan ini terlambat dilaksanakan dikarenakan ada perubahan anggaran dari pemerintah Kabupaten Kendal, Walaupun ada sedikit kendala tetapi kegiatan tetap bisa dilaksanakan. Kegiatan Sosial ini merupakan kegiatan pelatihan yang berkelanjutan yaitu pelatihan otomotif dengan Alokasi Dana Rp 12.500.000,-dan Pelatihan menjahit dengan alokasi dana 7.500.000,- dari dana APBD yang terdiri dari 2 KSM yaitu KSM Langen Technical dan Langen Kreatif . Adapun peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan sebanyak 10 orang Remaja Laki – laki dan 10 Orang Remaja Perempuan. Kegiatan ini didasarkan pada PJM Pronangkis BKM Langen Mandiri Kelurahan Langenharjo Kec. Kota Kendal Kab. Kendal dengan tujuan meberikan keterampilan bagi remaja putra maupun putri agar kedepannya bisa mengurangi angka kemiskinan di kelurahan langenharjo dan menciptakan lapangan kerja baru.

Sebelum Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Calon KSM diundang untuk sosialisasi pembentukan KSM, FGD kegiatan sosial dan penyusunan proposal kegiatan pada tanggal 26 september 2010 tidak disangka para peserta pelatihan sangat antusias dan konsekuen mengikuti kegiatan ini yang dilaksanakan mulai tanggal 28 September 2010 sampai 17 Oktober 2010 selama 20 hari dari jam 07.30 – 13.30 dan tidak ada yang absen dari awal sampai akhir pelatihan. Menurut Pengakuan Pak Ribut Haryanto, selaku UPS BKM Langen Mandiri “ Kegiatan ini merupakan usulan dari remaja putra dan putri karena selama ini diwilayah Kelurahan langenharjo sendiri belum pernah melaksanakan kegiatan pelatihan seperti ini dan mereka belum mempunyai pekerjaan “.
Dalam Kegiatan Sosial ini BKM Langenharjo bekerjasama dengan lembaga pendidikan yang memiliki fasilitas Bengkel Workhsop/LPK MANDIRI yaitu Madrasah Aliyah Negeri Kendal ( MAN ).Menurut salah satu Pengajar di LPK Mandiri Bapak Abdul Khanan, Menjelaskan “ Bahwa MAN ada berbagai pelatihan yang bisa dilaksanakan yaitu : Otomotif , Menjahit ,Servis Peralatan Rumah Tangga dan Bahasa Asing serta dari hasil pelatihan kedepannya bisa dimagangkan / dicarikan pekerjaan dari bengkel Resmi (AHAS,YAMAHA), Perusahaan Garmen,Toko Elektronik dan dikirim keluar negeri. Karena LPK Mandiri Bisa Mengeluarkan Sertifikat Resmi yang sudah ditandatangani oleh Disnakertrans Kabupaten Kendal serta bisa digunakan sebagai syarat tambahan untuk mencari pekerjaan dangan standar jam pelatihan minimal 120 Jam”.
Kegiatan Tersebut didukung sepenuhnya Oleh Koordinator Relawan Sektoral Kelurahan Langenharjo merangkap sebagai Koordinator PNPM-P2KP Kabupaten Kendal. “ Saya sangat mendukung kegiatan ini dan harus ada kelanjutan dari kegiatan ini, Apabila peserta membutuhkan modal tolong diberikan melalui dana BLM selanjutnya agar tercipta lapangan kerja baru bagi para peserta pelatihan otomotif dan pelatihan menjahit “,penjelasan dari Ibu Nunuk Sarah Zenubia, SSos.
Rencana Kegiatan BLM APBD Tahap 2010 diBKM Langen Mandiri Masih Melanjutkan kegiatan Pelatihan Otomotif dan Menjahit Jilid kedua serta adanya kegiatan social produktif dari hasil kegiatan pelaaihan tersebut untuk mebuka usaha perbengkelan dan jasa menjahit rumah tangga. “ Terimaksih PNPM-P2KP Berkat Bantuan dari pemerintah Kami Bisa menambah ilmu dan keterampilan untuk menciptakan suatu lapangan pekerjaan baru”,ujar Eko selaku ketua KSM Langen Technical.

BY: DIAN TF CD 065

Ikon ini merupakan link ke situs bookmark sosial dimana pembaca dapat berbagi dan menemukan halaman web baru.
  • Digg
  • Sphinn
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • Artikel terkait dengan kategori ini:



    0 Comments:

    Post a Comment

     

    LOWONGAN PEKERJAAN :

    Pekerjaan oleh Careerjet

    TEAM PROGO RAFTING PNPM KENDAL

    © 2007 PNPM MANDIRI PERKOTAAN-KENDAL: PELATIHAN SOSIAL YANG BERKELANJUTAN | Design by Rohman abdul manap | Template by : Template Unik