ShoutMix chat widget

Guestbook rolling widget


PNPM MANDIRI PERKOTAAN KABUPATEN KENDAL

KOTAK PENCARIAN :

Monday 25 July 2011

RTH KALIREYENG....... SALIN RUPA MENJADI KEBANGGAAN.

RUANG TERBUKA HIJAU KALIREYENG
SALIN RUPA DAN MENJADI KEBANGGAAN






KEBUTUHAN RUANG PUBLIK.

Sudah menjadi permasalahan di semua wilayah perkotaan yang padat penduduk, kebutuhan ruang terbuka akan muncul di pemetaan kebutuhan yang dilakukan masyarakat, begitu juga yang di alami oleh masyarakat Kebondalem Kabupaten Kendal.

Kebutuhan ruang publik menjadi prioritas perencanaan PLPBK Kelurahan Kebondalem, anak dan remaja membutuhkan tempat untuk bermain, mengembangkan potensinya. Dan saat uji publik di tingkat Kabupaten, Dewan Kesenian Kabupaten Kendal yang selama ini mengorganisir Komunitas Kantung-kantung Budaya juga mempunyai kebutuhan serupa.

Saat ini kebutuhan tersebut sudah mulai terwujud, panggung rakyat, los PKL, Panti pemuda dan bangunan bambu yang dimanfaatkan untuk POLINDES dan di lantai 2 untuk perpustakaan mulai berdenyut oleh aktifitas warga.
Taman masyarakat, lintasan jogging sepanjang saluran irigasi yang semula dijuluki tempat “jin buang anak” ini telah bermetamorfosa menjadi arena warga untuk mengembangkan potensinya.

Hot Spot internet gratis yang disediakan Pemda turut menjadi “gula” sehingga mampu mengundang para pelajar dan penikmat internet, aktifitas tiap sore ini merupakan buah dari keberhasilan masyarakat memanfaatkan PLPBK sebagai sarana belajar menangani permasalahan dan mengolah potensinya.

Satu dua pedagang makanan-minuman dan mainan anak dari masyarakat setempat pun mulai tumbuh dengan sendirinya, dan akan lebih banyak lagi pada saat ada even-even keramaian yang mulai sering diadakan, misalnya pentas barongsai yang bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Kendal beberapa waktu lalu.

Saat ini tengah disusun kalender kegiatan dan rencana paling dekat ini akan memanfaatkan sore hari selama Bulan Puasa. Sudah menjadi tugas Tim Pengelola yang terdiri dari BKM, Aparat Kelurahan, Pemda dan masyarakat ini untuk mendekatkan jarak antara mimpi ND dan kenyataan.

SUNGAI SEBAGAI SIMPUL MASALAH.

Wilayah Kelurahan Kebon Dalem di apit oleh Sungai kendal dan Saluran irigasi Kalireyeng, diantara kedua sungai tersebut tumbuh pemukiman padat tengah kota dan pasar.

Permasalahan hidrologi dalam Kota Kendal berpengaruh secara langsung terhadap wilayah Kebondalem yang dekat dengan sungai‐sungai besar di Kota Kendal yaitu sungai Blorong (sebelah Selatan) dan Sungai Kendal (berbatasan langsung di sisi Barat).

Pada saat hujan Wilayah Kebondalem yang termasuk rendah akan tergenangi air dengan ketinggian + 30 Cm selama 1-2 jam tergantung tinggi dan besarnya curah hujan.

Semula saluran irigasi Trompo-Kanan yg lebih populer dengan sebutan Kalireyeng itu sebagai tempat penduduk sekitar melepas hajat Buang Air Besar (BAB) dan menumpahkan kotak-kotak sampah rumah tangga di areal kosong bantaran saluran irigasi.

Bangunan liar di daerah larangan karena masuk wilayah sempadan sungai pun semakin melengkapi kekumuhan dan berpengaruh besar pada wajah pemukiman penduduk Kelurahan Kebondalem.

Kesepakatan warga untuk menata area Kalireyeng, nampaknya cukup tepat karena menjadi pengurai simpul masalah, dan RTH Kalireyeng pun kemudian direalisasikan.

BRAND AMBASSADOR.
Jika kita baca strategi pemasaran yang telah dibuat oleh masyarakat, diantaranya :
1.Menghidupkan aktifitas kegiatan yang mendatangkan massa di kawasan prioritas.
2.Membuat branding Kelurahan Kebondalem sesuai dengan tema perencanaan yang telah
dihasilkan.
3.Mengenalkan produk perencanaan dan mock up pembangunan Kebondalem ke khalayak luas
dengan menghadiri event dan atau menciptakan event sendiri.

Nampaknya jerih payah sang duta-duta pemasaran mulai menuai hasil, mulai dari masyarakat baik level Kelurahan Kebondalem maupun Masyarakat Kabupaten Kendal, juga Pemda bertindak menjadi duta pemasaran.
Fasilitas Hot Spot dari Pemda Kendal, buku koleksi untuk perpustakaan, peralatan polindes, kotaksampah dari Jamsostek Propinsi Jateng, ratusan bibit tanaman kelengkeng dataran rendah dari berbagai instansi baik Pemda Propinsi maupun swasta, adalah fasilitas yang didapat dari aktifitas pemasaran.

Pemda turut berperan sebagai duta pemasaran RTH Kalireyeng, hasilnya saat ini DED Ruang terbuka Hijau Kab. Kendal yang di lakukan oleh Cipta Karya Propinsi Jawa Tengah telah selesai, yakni berupa pembangunan lanjutan RTH Kalireyeng, dimana sekarang baru sepanjang 365 m akan dilanjutkan sepanjang sekitar 750 meter. Perencanaan detail memperluas Mock up hampir menjadi dua kali lipatnya telah selesai dan proyek pelaksanaannya senilai 1 miliar rupiah akan di realisasikan di Tahun 2012. Proyek lanjutan ini akan menyatukan area Stadion yang menjadi land mark Kabupaten Kendal dengan RTH Kalireyeng. Mestinya harapan masyarakat akan tumbuhnya pusat ekonomi baru di Kebondalem tinggal menunggu waktu.

KUALITAS PENGELOLAAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN.
Perubahan perilaku masyarakat yang turut berubah sebagai dampak dari telah bersalin rupanya lokasi Kalireyeng pun terlihat jelas, saluran air rumah tangga, jalan lingkungan, berangsur berubah menjadi bersih dan asri. Pengelolaan persampahan secara swadaya, keasrian lingkungan dengan pot-pot bunga dan tanaman peneduh.
Kesadaran masyarakat untuk memperbaiki sanitasi tidak hanya untuk luar luar rumah karena di dalam rumahpun mulai terlihat bedanya, contohnya ketersediaan wc meski sederhana tetapi bersih, sehingga mereka berani menawarkan rumahnya dan ternyata cukup diminati sebagai home stay oleh tamu-tamu peserta pameran PLPBK saat acara grand opening RTH Kalireyeng.
Kegiatan masyarakat merawat taman-taman sepanjang saluran irigasi Kalireyeng menjadi aktifitas terjadwal sore hari untuk menyiram, memupuk dan menyiangi rumput di taman-taman yang mereka buat sebelumnya sesuai wilayah RW masing-masing, menegaskan rasa kebanggaan atas apa yang telah mereka rencanakan.

MENJADI KEBANGGAAN.
Saat ini RTH Kalireyeng telah menjadi kebanggaan, tidak hanya bagi masyarakat Kebondalem tetapi juga Pemda Kendal, Pilot PLPBK ini sudah membuka mata banyak pihak terutama dalam hal pemberdayaan masyarakat.
Bupati Kendal yang dikenal energik, getol membanggakan RTH Kalireyeng, salah satunya saat menjamu 8 Bupati/Walikota dari berbagai daerah yang tengah orientasi lapangan dalam rangka kursus di Lemhamnas, RTH Kalireyeng menjadi tempat mereka belajar tentang pemberdayaan masyarakat dan penataan pemukiman di sepanjang sungai.

RTH Kalireyeng, saat ini juga tengah mewakili mewakili lomba pemeliharaan Saluran Irigasi yang diselenggarakan PSDA Propinsi Jawa Tengah mewakili Kabupaten Kendal, salin rupa itu ternyata telah menumbuhkan kebanggaan......

PNPM-MP KAB. KENDAL
Alamat : Jl. Cendrawasih no. 17 patebon Perumda Kab. Kendal
Contact Person : Nunuk Sarah Zenubia /Korkot 081225097030
Hadi Purwanto / Askot Urban Planer 081325093600
Putut Wijanarko / Askot Community Develpoment 081228316694
Muntaha /Askot Infrastruktur 08112700290
Elpram Sasongko/Asmandat 081390100044
Eddy Susilo(Badan Pengelola Kalireyeng) 081328888260

Ikon ini merupakan link ke situs bookmark sosial dimana pembaca dapat berbagi dan menemukan halaman web baru.
  • Digg
  • Sphinn
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • Artikel terkait dengan kategori ini:



    2 Comments:

    ASMANDAT KENDAL said...

    mmmhhhhh...... masuk lagi di web P2KP.org...
    ayo semangat, nambah lagi best practisenya...
    Bravo Kendal..

    PLPBK Kabupaten Pekalongan said...

    Sukses Kalireyeng.. :)

    Post a Comment

     

    LOWONGAN PEKERJAAN :

    Pekerjaan oleh Careerjet

    TEAM PROGO RAFTING PNPM KENDAL

    © 2007 PNPM MANDIRI PERKOTAAN-KENDAL: RTH KALIREYENG....... SALIN RUPA MENJADI KEBANGGAAN. | Design by Rohman abdul manap | Template by : Template Unik